Jumat, 16 Desember 2011

Perlindungan Masyarakat Sekitar Perusahaan Industri

PERLINDUNGAN MASYARAKAT SEKITAR PERUSAHAAN INDUSTRI

Masyarakat sekitar suatu perusahaan industri harus dilindungi dari pengaruh-pengaruh buruk yang mungkin ditimbulkan oleh industrialisasi dari kemungkinan pengotoran udara, air, makanan, tempat sekitar dan lain-lain oleh sampah, air bekas dan udara dari perusahaan-perusahaan industri.

Semua perusahaan industri harus memperhatikan kemungkinan adanya pencemaran lingkungan, dimana segala macam hasil buangan sebelum dibuang harus betul-betul bebas dari bahan yang bisa meracuni.


Untuk maksud tersebut, sebelum bahan-bahan tadi keluar dari suatu industri harus diolah dahulu melalui proses pengolahan. Cara pengolahan ini tergantung dari bahan apa yang dikeluarkan. Bila gas atau uap beracun bisa dengan cara pembakaran atau dengan cara pencucian melalui proses kimia sehingga uadara atau uapyang keluar bebas dari bahan-bahan yang berbahaya.

Pemilihan cara ini pada umumnya didasarkan atas faktor-faktor :
a. Bahaya tidaknya bahan-bahan buangan tersebut
b. Besarnya biaya agar secara ekonomi tidak merugikan perusahaan
c. Derajat efektifnya cara yang dipakai
d. Kondisi lingkungan setempat

Selain oleh bahan-bahan buangan, masyarakat juga harus terlindungi dari bahaya-bahaya oleh karena produk-produknya sendiri dari suatu industri. Dalam hal ini pihak konsumen harus terhindar dari kemungkinan keracunan atau terkenanya penyakit oleh hasil-hasil produksi. Karena itu sebelum dikeluarkan dari perusahaan produk-produk ini perlu pengujian terlebih dahulu secara seksama dan teliti apakah tidak akan merugikan masyarakat.

 Perlindungan masyarakat dari bahaya-bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh produk-produk industri adalah tugas wewenang Departemen Keindustrian, PUTI, Kesehatan, dan lain-lain. Dalam hal ini lembaga Konsumen Nasional akan sangat membantu masyarakat dari bahaya-bahay ketidakbaikan hasil-hasil produk khususnya bagi para konsumen umumnya bagi kepentingan masyarakat secara luas .
Contoh apa yang terjadi terhadap masyarakat karna Perusahaan Industri:
For Video:

Contoh lain.Pencemaran limbah di atas sudah sangat memprihatinkan,betapa tidak ? Sungai yang seharusnya berguna untuk saluran air dan tempat tinggal berbagai biota hidup kini sudah dalam kondisi seperti itu, Jujur saya sendiri miris melihatnya . Sampah,Limbah hitam,Racun dan barang" berbahaya lainnya kini menjadi satu dalam Sungai,tentu itu sangatlah berbahaya bagi semua Makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya termasuk manusia . Yang jadi pertanyaan 
Sampai kapan hal ini terus di biarkan ?
Kenapa tidak ada tindakan dari Pihak berwenang/Warga sekitar ?
Entahlah yang jelas hal ini tidak bisa di biarkan begitu saja,perlu adanya tindakan tegas dari Warga/Instansi Pemerintah . Dan untuk Pengelola Pabrik harus di beri peringatan untuk meminimalisi pembuangan limbah lalu di uraikan menjadi Zat yang tidak berbahaya bagi Biota dan Lingkungan hidup di sekitar kita.





Sumber:
http://sekaranindya.wordpress.com/2011/11/20/perlindungan-masyarakat-sekitar-perusahaan-industri/
 http://www.kbr68h.com/berita/daerah/7475-warga-cianjur-keluhkan-pencemaran-pabrik-kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar