Rabu, 30 November 2011

Ekologi dan Ilmu Lingkingan


EKOLOGI DAN ILMU LINGKUNGAN

PENDAHULUAN

EKOLOGI

Ekologi, adalah ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan mahluk hidup dengan komponen sekitarnya.

Ekologi merupakan disiplin baru dari biologi yang merupakan mata rantai fisik serta proses biologi yang menjembatani antara ilmu alam dan ilmu sosiaL.

Ruang lingkup ekologi dapat dilihat pada spectrum Biologi sekumpulan individu, dari jenis yang sama, terjadi di satu tempat dalam waktu tertentu.

Ekologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yaitu oikos yang artinya rumah atau tempat hidup, dan logos yang berarti ilmu. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Definisi ekologi seperti di atas, pertama kali disampaikan oleh Ernest Haeckel (zoologiwan Jerman, 1834-1914).

Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang banyak memanfaatkan informasi dari berbagai ilmu pengetahuan lain, seperti : kimia, fisika, geologi, dan klimatologi untuk pembahasannya. Penerapan ekologi di bidang pertanian dan perkebunan di antaranya adalah penggunaan kontrol biologi untuk pengendalian populasi hama guna meningkatkan produktivitas.

Ilmu ekologi pada dasarnya menjelaskan hubungan antara organisme -tumbuhan maupun hewan- dengan lingkungannya. Sifat setiap benda hidup dimengerti dari segi hubungannya. Bukan hanya dengan alam secara fisik -termasuk tanah, air dan iklim- tetapi juga dengan benda hidup lain dalam suatu pola saling ketergantungan yang dinamakan ekosistem. Contoh ekosistem dari Sumatera adalah hutan tropis dataran rendah, hutan mangrov, sungai, lahan basah gambut, dll.

Ekologi berkepentingan dalam menyelidiki interaksi organisme dengan lingkungannya.  timbal balik tersebut.

Dalam studi ekologi digunakan metoda pendekatan secara rnenyeluruh pada komponen-kornponen yang berkaitan dalam suatu sistem. Ruang lingkup ekologi berkisar pada tingkat populasi, komunitas, dan ekosistem

ILMU LINGKUNGAN

Ilmu lingkungan atau Environmental Science (ES) adalah ilmu yang mempelajari lingkungan hidup,yang merupakan perpaduan konsep dan asas berbagai ilmu,terutama ekologi.Yang bertujuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah yang menyangkut hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan.

Ilmu lingkungan meliputi hubungan interaksi yang sangat kompleks. Antara komponen-komponen fisik,kimia dan biologi yang ada di lingkungan serta merupakan suatu disiplin ilmu yang saling melengkapi dengan ilmu alam,ilmu teknik dan ilmu social.

Adapun perbedaan utama ilmu lingkungan dan ekologi adalah adanya misi untuk mencari ilmu pengetahuan yang arif , tepat,baru dan menyeluruh tentang alam sekitar,dan dampak perlakuan manusia terhadap alam

Ilmu lingkungan jg tidak lepas dari manusia itu sendiri,sebagai suatu komponen lingkungan yang paling dominan. Sebab manusia senantiasa mengolah,mengambil dan mengembangkan sesuatu yang ada di alam itu sendiri

Untuk mencapai keseimbangan lingkungan otomati s diperlukan kesadaran diri manusia agar merasa memiliki dan mencintai segenap makluk hidup dan alam lingkungan sebagai tempat hidupnya.                                                                                                                                                                               
Untuk Lebih lengkapnya




 Masalah Ekologi Di Indonesia:
Indonesia tak lepas dari sejumlah masalah Ekologi katakanlah bencana alam yang terjadi di sejumlah Wilayah di Indonesia contohnya yang paling parah bencana Tsunami di Banda Aceh pada akhir tahun 2004 , belum lagi masalah Banjir Tahunan yang melanda ibukota jakarta. Setumpuk masalah bencana di Indonesia tak pelak membuat Masyarakan sadar akan buruknya Ekologi di Indonesia ini, Langkah tegas haruslah diambil pemerintah guna mengurangi timbulnya berbagai masalah Kerusakan ekologi di Republik ini, mungkin kita bisa mencoba dari yang sangat sederhana sekali yaitu membuang sampah pada tempatnya, mengurangi pemakaian kendaraan tinggi emisi,yang scr langsung dapat merusak Lingkungan.
Rendahnya kesadaran akan pedulinya tdh lingkungan yang mengambil peran besar akan sering atau tidaknya terjadi masalah Lingkungan di bumi ini.



http://www.anneahira.com/ilmu/ilmu-lingkungan.htm
 (sebagian tulisan saya tulis sendiri menurut pendapat saya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar